Pages

Tag Cloud

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Widget by:Ragam Beritaku

Selasa, 04 Desember 2012

TRANFUSI DARAH

1. Definisi tranfusi darah
  • tranfusi darah adalah proses pemindahan darah dari seseorang yang sehat (donor) ke orang sakit (resipien).Darah yang dipindahkan dapat berupa darah lengkap atau komponen darah(unit tranfusi darah daerah).
  • tranfusi darah adalah memasukkan darah dari donor ke resipien melalui vena menggunakan jarum kecil yang terhubung dengan infus set.
  • Pada tahun 1900 Dr. Loustiner menemukan 4 macam golongan darah, yaitu golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, golongan darah O. Pada tahun 1940 golongan darah baru, rhesus faktor positif dan rhesus faktor negatif pada sel darah merah.
2.Tujuan tranfusi darah
  •    memelihara dan mempertahankan kesehatan donor.
  • memelihara keadaan biologis darah atau komponen-komponennya agar bermanfaat.
  • memelihara dan mempertahankan volume darah yang normal pada peredaran darah  (stabilitas peredaran darah).
  •  mengganti kekurangan komponen selular atau kimia darah.
  • meningkatkan oksigenasi jaringan.
  •  memperbaiki fungsi hemostasis

3. Macam-macam tranfusi darah

Tranfusi darah ada bermacam-macam, tapi yang sering kita temui di rumah sakit adalah tranfusi darah lengkap/ whole blood, biasanya diberikan pada pasien yang mengalami kecelakaan atau perdarahan hebat lebih dari 25%. Namun ada juga kasus yang membutuhkan sel darah merah pekat, biasanya diberikan pada kasus kehilangan darah yang tidak terlalu berat, untuk prosedur pra operatif atau untuk pasien anemia kronik. Untuk sel darah merah pekat cuci untuk penderita yang alergi terhadap protein plasma.Sel darah merah leukosit untuk penderita yang tergantung pada transfusi darah. sel darah merah pekat beku yang dicuci untuk penderita yang mempunyai antibodi terhadap sel darah merah yang menetap. sel darah merah diradiasi untuk penderita transplantasi organ atau sumsum tulang. Leukosit/granulosit konsentrat diberikan pada penderita yang jumlah sel darah putihnya turun drastis, infeksi berat yang sulit untuk diberikan antibiotik. Trombosit, diberikan pada penderita yang mengalami gangguan jumlah atau fungsi trombosit. Plasma dan produksi plasma, diberikan pada pasien untuk mengganti faktor pembekuan, penggantian cairan yang hilang.

separador

0 komentar:

Posting Komentar


Categories

Followers


win-fixed, tutorial,tips n trik,download