Pages

Tag Cloud

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Widget by:Ragam Beritaku

Rabu, 05 Desember 2012

CARA CEPAT DAN MUDAH MENURUNKAN TEKANAN DARAH SECARA ALAMI




Sudah sangat sering kita mendengar pertanyaan dari masyarakat, bagaimana cara menurunkan tekanan darah secara alami? hal ini terjadi karena memang pada saat ini banyak masyarakat yang mengkonsumsi obat hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. memang praktis, tapi kalau lama-lama mengkonsumsi obat juga tidak terlalu baik untuk ginjal. sebelum membahas cara menurunkan tekanan darah, kita perlu tahu definisi dari tekanan darah tinggi/hipertensi.
definisi dari hipertensi adalah peningkatan tekanan sistolik lebih besar atau sama dengan 160 mmHg dan atau tekanan diastolik sama atau lebih besar 95 mmHg. beberapa penyebab dari hipertensi itu sendiri diantaranya adalah karena usia yang semakin tua, stres dan tekanan mental, makan berlebihan, merokok, terlalu banyak minum alcohol dan kelainan pada ginjal
Beberapa penderita darah tinggi saat ini banyak yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah, padahal tekanan darah bisa diturunkan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan.
Ada beberapa tips yang anda bisa lakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, diantaranya adalah:
1. olah raga ringan secara teratur
olah raga ringan secara teratur sebelum beraktivitas atau pada hari libur sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. menurut penelitian bergerak aktiv mengurangi tekanan 3-5 poin.
2. makanan penurun tekanan darah tinggi
konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah. susu skim (rendah lemak, kaya akan calcium dan vitamin D ), bayam, kentang, pisang, kedelai, seledri (mengandung potassium /kalium, folat, dan magnesium.).potassium dan magnesium, dua nutrien penting bagi kesehatan jantung. Jika tubuh kekurangan potassium, tubuh akan menahan lebih banyak garam (terlalu banyak garam dalam tubuh meningkatkan tekanan darah). Sedangkan magnesium berperan penting dalam meningkatkan kesehatan aliran darah.Bawang putih mengandung senyawa antioksidan dan polisulfida, zat yang berperan dalam menyehatkan pembuluh darah dan menjaga aliran darah yang sehat. Batasi sodium.
3. Hindari makanan yang mengandung garam
Konsumsi garam sebaiknya tidak lebih dari 2,4 gr per hari (sodium) atau 6 gr per hari (NaCl). Hindari makanan fastfood karena biasanya mempunyai kandungan natrium cukup tinggi.
4.Menghindari kebiasaan merokok
seseorang yang mempunyai kebiasaan merokok lebih rentan terkena penyakit hipertensi, hal itu dikarenakan di dalam rokok terdapat kandungan nikotin yang menyebabkan tekanan darah lebih cepat tinggi dan beresiko terkena penyakit hipertensi kronis.
5. Menurunkan berat badan
Seseorang yang memiliki berat badan lebih menyebabkan tubuh harus bekerja lebih keras, jantung memompa lebih keras. Seseorang yang mampu menurunkan berat badannya menjadi normal akan membantu menurunkan kerja jantung.
6. Menghindari konsumsi alkohol
Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menaikkan tekanan darah. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi lebih dari dua gelas alkohol meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita.
7. Menghindari stress
Mengelola stres membantu mengurangi tekanan darah. Namun, langkah menangani stres bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Relaksasi dan manajemen stres diperlukan bagi penderita hipertensi untuk mengendalikan tekanan darah.Yoga adalah metode pelepas stres  yang efektif mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi, dan berkaitan dengan sistem saraf otonom, denyut jantung, pencernaan, dan fungsi sebagian besar organ lainnya. Meditasi seperti pengaturan pernapasan, visualisasi, kombinasinya menjadi alat manajemen efektif mengatasi stres.
8. Mengurangi kafein
Meskipun mengkonsumsi kopi memberikan banyak manfaat, kopi yang mengandung kafein ternyata juga dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dalam jangka pendek, bahkan pada orang sehat dan dengan tekanan darah normal. Jika Anda penderita hipertensi, kurangi asupan kafein hanya dua cangkir kopi per hari. Untuk memeriksa efek kafein, cek tekanan darah setelah mengonsumsi kafein. Jika tekanan darah naik 5-10 poin, maka Anda termasuk sensitif kafein.





separador

0 komentar:

Posting Komentar


Categories

Followers


win-fixed, tutorial,tips n trik,download