Pages

Tag Cloud

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Widget by:Ragam Beritaku

Minggu, 30 September 2012

LAPORAN PENDAHULUAN HEMOROID

1.    Pengertian
Hemoroid adalah pelebaran varices satu segmen atau lebih vena-vena hemoroidalis (Mansjoer, 2000). Hemoroid atau ”wasir (ambeien)” merupakan vena varikosa pada kanalis ani. Hemoroid timbul akibat kongesti vena yang disebabkan oleh gangguan aliran balik dari vena hemoroidalis. Hemoroid sering dijumpai dan terjadi pada sekitar 35% penduduk berusia lebih dari 25 tahun. Walaupun keadaan ini tidak mengancam jiwa, namun dapat menimbulkan perasaan yang sangat tidak nyaman (Price dan Wilson, 2006).
Penyakit hemoroid sering menyerang usia diatas 50 tahun. Hemoroid seringkali dihubungkan dengan konstipasi kronis dan kehamilan. Terkadang dihubungkan dengan diare, sering mengejan, pembesaran prostat, fibroid uteri, dan tumor rectum. Komplikasi dapat menyebabkan nyeri hebat, gatal dan perdarahan rectal (Chandrasoma, 2006; Price dan Wilson, 2006).
Hemoroidektomi adalah eksisi yang hanya dilakukan pada jaringan yang benar-benar berlebihan untuk penderita yang mengalami keluhan menaun dan pada penderita hemoroid derajat III dan IV (Sjamsuhidayat dan Jong, 2000).

2.    Anatomi Fisiologi
Bagian utama usus besar yang terakhir dinamakan rectum dan terbentang dari colon sigmoid sampai anus, colon sigmoid mulai setinggi krista iliaka dan berbentuk lekukan huruf S. Lekukan bagian bawah membelok ke kiri waktu colon sigmoid bersatu dengan rectum. Satu inci dari rectum dinamakan kanalis ani dan dilindungi oleh sfingter eksternus dan internus. Panjang rectum dan kanalis ani sekitar 15 cm.
gambar 1.1 : usus besar-rectum



Usus besar secara klinis dibagi menjadi belahan kanan dan belahan kiri sesuai dengan suplai darah yang diterimanya. Arteri mesentrika superior memperdarahi belahan bagian kanan yaitu sekum, colon asendens dan dua pertiga proksimal colon tranversum, dan arteria mesentrika inferior memperdarahi belahan kiri yaitu sepertiga distal colon transversum, colon desendens, sigmoid dan bagian proksimal rectum. Suplai darah tambahan untuk rectum adalah melalui arteria sakralis media dan arteria hemoroidalis inferior dan media yang dicabangkan dari arteria iliaka interna dan aorta abdominalis.

gambar 1.2 : arteri - arteri pada rectum
Alir balik vena dari colon dan rectum superior melalui vena mesentrika superior dan inferior dan vena hemoroidalis superior, yaitu bagian dari sistem portal yang mengalirkan darah ke hati. Vena hemoroidalis media dan inferior mengalirkan darah ke vena iliaka dan merupakan bagian dari sirkulasi sistematik. Terdapat anastomosis antara vena hemoroidalis superior, media dan inferior, sehingga peningkatan tekanan portal dapat mengakibatkan aliran darah balik ke dalam vena-vena ini.
gambar 1.3 : vena-vena pada rectum
Terdapat dua jenis peristaltik propulsif: (1)kontraksi lamban dan tidak teratur, berasal dari segmen proksimal dan bergerak ke depan, menyumbat beberapa haustra; (2) peristaltik massa, merupakan kontraksi yang melibatkan segmen colon. Gerakan peristaltik ini menggerakkan massa feces ke depan, akhirnya merangsang defekasi. Kejadian ini timbul dua sampai tiga kali sehari dan dirangsang oleh reflek gastrokolik setelah makan pertama masuk pada hari itu.
Propulasi feces ke rectum mengakibatkan distensi dinding rectum dan merangsang reflek defekasi. Defekasi dikendalikan oleh sfingter ani eksterna dan interna. Sfingter interna dikendalikan oleh sistem saraf otonom, dan sfingter eksterna berada di bawah kontrol volunter. Reflek defekasi terintegrasi pada segmen sakralis kedua dan keempat dari medula spinalis. Serabut-serabut parasimpatis mencapai rectum melalui saraf splangnikus panggul dan bertanggung jawab atas kontraksi rectum dan relaksasi sfingter interna. Pada waktu rectum yang mengalami distensi berkontraksi, otot levator ani berelaksasi, sehingga menyebabkan sudut dan anulus anorektal menghilang. Otot-otot sfingter interna dan eksterna berelaksasi pada waktu anus tertarik atas melebihi tinggi massa feces. Defekasi dipercepat dengan adanya peningkatan tekanan intra-abdomen yang terjadi akibat kontraksi volunter. Otot-otot dada dengan glotis ditutup, dan kontraksi secara terus menerus dari otot-otot abdomen (manuver atau peregangan valsava). Defekasi dapat dihambat oleh kontraksi volunter otot-otot sfingter eksterna dan levator ani. Dinding rectum secara bertahap akan relaks, dan keinginan untuk berdefekasi menghilang.
3.    Etiologi
a.    Faktor predisposisi adalah herediter, anatomi, makanan, psikis dan sanitasi, sedangkan sebagai faktor presipitasi adalah faktor mekanis (kelainan sirkulasi parsial dan peningkatan tekanan intra abdominal), fisiologis dan radang umumnya faktor etiologi tersebut tidak berdiri sendiri tetapi saling berkaitan. Menurut Tambayong (2000) faktor predisposisi dapat diakibatkan dari kondisi hemoroid. Hemoroid berdarah mungkin akibat dari hipertensi portal kantong-kantong vena yang melebar menonjol ke dalam saluran anus dan rectum terjadi trombosis, ulserasi, dan perdarahan,  sehingga nyeri mengganggu. Darah segar sering tampak sewaktu defekasi atau mengejan. Menurut Smeltzer dan Bare (2002) hemoroid sangat umum terjadi pada usia 50-an, 50% individu mengalami berbagai tipe hemoroid berdasarkan vena yang melebar, mengawali atau memperberat adanya hemoroid.
b.    Faktor penyebab terjadinya hemoroid adalah sebagai berikut:
1)    Mengejan pada waktu defekasi.
2)    Konstipasi yang menahun yang tanpa pengobatan.
3)    Pembesaran prostat.
4)    Keturunan atau hereditas.
5)    Kelemahan dinding structural dari dinding pembuluh darah.
6)    Peningkatan tekanan intra abdomen (seperti: Kehamilan, berdiri dan duduk terlalu lama dan konstipasi).
4.    Klasifikasi
a.    Hemoroid internal
Adalah pelebaran plexus hemoroidalis superior.  Diatas garis mukokutan dan ditutupi oleh mukosa diatas sfingter ani. Hemoroid internal dikelompokkan dalam 4 derajat :
1)    Derajat I
Hemoroid menyebabkan perdarahan merah segar tanpa rasa nyeri sewaktu defekasi. Tidak terdapat prolap dan pada pemeriksaan terlihat menonjol dalam lumen.
2)    Derajat II
Hemoroid menonjol melalui kanal analis pada saat mengejan ringan tetapi dapat masuk kembali secara spontan.
3)    Derajat III
Hemoroid akan menonjol saat mengejan dan harus didorong kembali sesudah defekasi.
4)    Derajat IV
Hemoroid menonjol keluar saat mengejan dan tidak dapat didorong masuk kembali.

b.    Hemoroid  Eksternal
Adalah hemoroid yang menonjol keluar saat mengejan dan tidak dapat didorong masuk. Hemoroid eksternal dikelompokkan dalam 2 kategori yaitu:
1)    Akut
Bentuk hemoroid akut berupa pembengkakan bulat kebiruan pada pinggir anus dan sebenarnya merupakan hematoma. Walaupun disebut sebagai hemoroid trombosis eksterna akut. Bentuk ini sering sangat nyeri dan gatal karena ujung-ujung saraf pada kulit merupakan reseptor nyeri.
2)    Kronik
Bentuk hemoroid eksterna kronik adalah satu atau lebih lipatan kulit anus yang terdiri dari jaringan penyambung dan sedikit pembuluh darah.
gambar 1.4 : formation of hemorroidh

5.    Tanda dan Gejala
a.    Tanda
1)    Perdarahan
Umumnya merupakan tanda pertama  hemoroid interna trauma oleh feces yang keras. Darah yang keluar berwarna merah segar dan tidak bercampur dengan feces. Walaupun berasal dari vena, darah yang keluar berwarna merah segar karena kaya akan zat asam, jumlahnya bervariasi.
2)    Nyeri
Nyeri yang hebat jarang sekali ada hubungannya dengan hemoroid interna dan hanya timbul pada hemoroid eksterna yang mengalami trombosis dan radang.
b.    Gejala
1)    Anemia dapat terjadi karena perdarahan hemoroid yang berulang.
2)    Jika hemoroid bertambah besar dapat terjadi prolap awalnya dapat tereduksi spontan. Pada tahap lanjut pasien harus memasukkan sendiri setelah defekasi dan akhirnya sampai pada suatu keadaan dimana tidak dapat dimasukkan.
3)    Keluarnya mucus dan terdapatnya feces pada pakaian dalam merupakan ciri hemoroid yang mengalami prolap menetap.
4)    Rasa gatal karena iritasi perianal dikenal sehingga pruritis anus rangsangan mucus.
6.    Pathofisiologi
Dalam keadaan normal sirkulasi darah yang melalui vena hemoroidalis mengalir dengan lancar sedangkan pada keadaan hemoroid terjadi gangguan aliran darah balik yang melalui vena hemoroidalis. Gangguan aliran darah ini antara lain dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan intra abdominal. Vena porta dan vena sistematik, bila aliran darah vena balik terus terganggu maka dapat menimbulkan pembesaran vena (varices) yang dimulai pada bagian struktur normal di regio anal, dengan pembesaran yang melebihi katup vena dimana sfingter anal membantu pembatasan pembesaran tersebut. Hal ini yang menyebabkan pasien merasa nyeri dan feces berdarah pada hemoroid interna karena varices terjepit oleh sfingter anal.
Peningkatan tekanan intra abdominal menyebabkan peningkatan vena portal dan vena sistemik dimana tekanan ini disalurkan ke vena anorektal. Arteriola regio anorektal menyalurkan darah dan peningkatan tekanan langsung ke pembesaran (varices) vena anorektal. Dengan berulangnya peningkatan tekanan dari peningkatan tekanan intra abdominal dan aliran darah dari arteriola, pembesaran vena (varices) akhirnya terpisah dari otot halus yang mengelilinginya ini menghasilkan prolap pembuluh darah hemoroidalis. Hemoroid interna terjadi pada bagian dalam sfingter anal, dapat berupa terjepitnya pembuluh darah dan nyeri, ini biasanya sering menyebabkan pendarahan dalam feces, jumlah darah yang hilang sedikit tetapi bila dalam waktu yang lama bisa menyebabkan anemia defisiensi besi.
Hemoroid eksterna terjadi di bagian luar sfingter anal tampak merah kebiruan, jarang menyebabkan perdarahan dan nyeri kecuali bila vena ruptur. Jika ada darah beku (trombus) dalam hemoroid eksternal bisa menimbulkan peradangan dan nyeri hebat.

7. pathways hemoroid ( Pre dan Post Operasi)
    download disini..https://dl.dropbox.com/u/81100795/PATHWAYS%20HEMOROID.pdf

8.    Penatalaksanaan
Terapi yang diberikan disesuaikan dengan klasifikasi hemoroid yaitu untuk derajat I dapat dicoba dengan menghilangkan faktor-faktor penyebab, misalnya saat konstipasi dengan  menghindari mengejan berlebihan saat BAB. Memberi nasehat untuk diit tinggi serat, banyak makan sayur, buah dan minum air putih paling sedikit 2.000 cc/hari dan olahraga ringan secara teratur, serta kurangi makan makanan yang merangsang dan daging, menjaga hygiene daerah anorektal dengan baik, jika ada infeksi beri antibiotika peroral. Bila terdapat nyeri yang terus-menerus dapat diberikan suppositoria, untuk melancarkan defekasi, dapat diberikan cairan parafin atau larutan magnesium sulfat 10%. Bila dengan pengobatan di atas tidak ada perbaikan, diberikan terapi skleroting (sodium moruat) 5% atau fenol. Penyuntikan dilakukan antara mukosa dan varices, dengan harapan timbul fibrosis dan hemoroid mengecil. Kontraindikasi pengobatan ini adalah hemoroid eksterna, radang dan adanya fibrosis hebat di sekitar hemoroid interna.
Pada hemoroid derajat II dapat dicoba dengan terapi sklerosing secara bertahap. Apabila terapi sklerosing tidak berhasil dapat dilakukan tindakan operasi.
Pada derajat III dapat dicoba dengan rendaman duduk. Cara lain yang dapat dilakukan adalah operasi, bila ada peradangan diobati dahulu. Teknik operasi pada hemoroid antara lain :
a.    Prosedur ligasi pita-karet
    Prosedur ligasi pita-karet  dengan cara melihat hemoroid melalui anoscop dan bagian proksimal diatas garis mukokutan di pegang dengan alat. Kemudian pita karet kecil diselipkan diatas hemoroid yang dapat mengakibatkan bagian distal jaringan pada pita karet menjadi nekrotik setelah beberapa hari dan lepas. Tindakan ini memuaskan pada beberapa pasien, namun pasien yang lain merasakan tindakan ini menyebabkan nyeri dan menyebabkan hemoroid sekunder  dan infeksi perianal.
b.    Hemoroidektomi kriosirurgi
    Metode ini dengan cara mengangkat hemoroid dengan jalan membekukan jaringan hemoroid selama beberapa waktu tertentu sampai waktu tertentu. Tindakan ini sangat kecil sekali menimbulkan nyeri.  Prosedur ini tidak terpakai luas karena menyebakan keluarnya rabas yang berbau sangat menyengat dan luka yang ditimbulkan lama sembuh.

c.    Laser Nd: YAG
    Metode ini telah digunakan saat ini dalam mengeksisi hemoroid, terutama hemoroid eksternal. Tindakan ini cepat menimbulkan nyeri. Hemoragi dan abses jarang menjadi komplikasi pada periode pasca operatif.
d.    Hemoroidektomi
    Hemoroidektomi atau eksisi bedah, dapat dilakukan untuk mengangkat semua jaringan sisa yang terlibat dalam proses ini. Setelah prosedur operatif selesai, selang kecil dimasukkan melaui sfingter untuk memungkinkan keluarnya flatus dan darah.
Untuk Terapi setelah operasi dapat dilakukan dengan cara suppositoria yang mengandung anestesi, antibiotika, analgetik dan astrigent. Tiga hari post operasi diberikan diit rendah sisa untuk menahan BAB. Jika sebelum tiga hari ingin BAB, tampon dibuka dan berikan rendaman PK hangat (37oC) dengan perbandingan 1:4000 selama 15-20 menit. Setelah BAB, lalu dipasang lagi tampon baru. Jika setelah tiga hari post operasi pasien belum BAB diberi laxantia. Berikan rendaman duduk dengan larutan PK hangat (37oC), perbandingan 1:4000 selama 15-20 menit sampai dengan 1-2 minggu post operasi.
Pada penatalaksanaan hemoroid tingkat IV dapat dilakukan dengan istirahat baring dan juga operasi. Bila ada peradangan diobati dahulu.
9.    Pemeriksaan Penunjang
a.    Inspeksi
1)    Hemoroid eksterna mudah terlihat terutama bila sudah mengandung thrombus.
2)    Hemoroid interna yang prolap dapat terlihat sebagai benjolan yang tertutup mukosa.
3)    Untuk membuat prolap dengan menyuruh pasien mengejan.
b.    Rectal touch
1)    Hemoroid interna biasanya tidak teraba dan tidak nyeri, dapat teraba bila sudah ada fibrosis
2)    Rectal touch diperlukan untuk menyingkirkan kemungkinan karsinoma recti.
3)    Anoscopi
Pemeriksaan anoscopi diperlukan untuk melihat hemoroid interna yang belum prolap. Anoscopi dimasukkan dan dilakukan sebagai struktur vaskuler yang menonjol ke dalam lubang.

10.    Fokus Intervensi
a.    Pre Operasi
1)    Pengkajian
a)    Pengkajian yang dilakukan pada pola persepsi kesehatan dan pemeliharaan kesehatan adalah kebiasaan olahraga pada pasien, kemudian diit rendah serat, selain itu juga perlu dikaji mengenai kebiasaan klien tentang minum kurang dari 2.000 cc/hari. Hal lain yang perlu dikaji adalah mengenai riwayat kesehatan klien tentang penyakit sirorcis hepatis.
b)    Pengkajian mengenai pola nutrisi metabolik pada klien adalah mengenai berat badan klien apakah mengalami obesitas atau tidak. Selain itu juga perlu dikaji apakah klien mengalami anemia atau tidak. Pengkajian mengenai diit rendah serat (kurang makan sayur dan buah) juga penting untuk dikaji.  Kebiasaan minum air putih kurang dari 2.000 cc/hari.
c)    Pengkajian pola eliminasi pada klien adalah mengenai kondisi klien apakah sering mengalami konstipasi atau tidak. Keluhan mengenai nyeri waktu defekasi, duduk, dan saat berjalan. Keluhan lain mengenai keluar darah segar dari anus. Tanyakan pula mengenai jumlah dan warna darah yang keluar. Kebiasaan mengejan hebat waktu defekasi, konsistensi feces, ada darah/nanah. Prolap varices pada anus gatal atau tidak.
d)    Pengkajian pola aktivitas dan latihan pada klien mengenai kurangnya aktivitas dan kurangnya olahraga pada klien. Pekerjaan dengan kondisi banyak duduk atau berdiri, selain itu juga perlu dikaji mengenai kebiasaan mengangkat barang-barang berat.
e)    Pengkajian pola persepsi kognitif yang perlu dikaji adalah keluhan nyeri atau gatal pada anus.
f)    Pengkajian pola tidur dan istirahat adalah apakah klien mengalami gangguan pola tidur karena nyeri atau tidak.
g)    Pengkajian pola reproduksi seksual yang perlu dikaji adalah riwayat persalinan dan kehamilan.
h)    Pola mekanisme koping dan toleransi terhadap serat. Koping yang digunakan dan alternatif pemecahan masalah.

2)    Diagnosa Keperawatan
a)    Nyeri b.d. adanya pembengkakan, trombus pembuluh darah pada anus.
b)    Resti perdarahan b.d. penekanan pada vena hemoroidal akibat konstipasi.
c)    Cemas b.d. rencana pembedahan dan rasa malu.
d)    Kurang pengetahuan b.d. kurang informasi tentang operasi.
3)    Intervensi Keperawatan
a)    Nyeri b.d. adanya pembengkakan, trombus pembuluh darah pada anus.
Kriteria hasil: nyeri pada anus berkurang dengan skala nyeri 0-1, wajah pasien tampak rileks.
Rencana tindakan:
(1)    Kaji skala nyeri
Rasional: Menentukan tingkat nyeri, untuk menentukan tindakan yang tepat.
(2)    Anjurkan untuk menarik nafas dalam setiap kali timbul nyeri.
Rasional: Mengurangi rasa nyeri.
(3)    Berikan posisi yang nyaman sesuai dengan keinginan pasien.
Rasional: Memberikan rasa nyaman.
(4)    Observasi tanda-tanda vital.
Rasional: Identifikasi dini komplikasi nyeri ditandai dengan peningkatan tekanan darah.
(5)    Berikan bantal/alas pantat.
Rasional: Untuk mengurangi rasa nyeri.
(6)    Anjurkan untuk tidak mengejan yang berlebihan saat defekasi.
Rasional: Mengurangi rasa nyeri dan prolap varices.
(7)    Berikan rendaman duduk sesuai anjuran duduk.
Rasional: Mengurangi rasa nyeri.
(8)    Kolaborasi untuk pemberian terapi analgetik.
Rasional: Mengurangi rasa nyeri.
b)    Resti perdarahan b.d. penekanan pada vena hemoroidal akibat konstipasi.
Kriteria Hasil: Tidak terjadi perdarahan yang ditandai dengan: tanda-tanda vital dalam batas normal, tidak timbul perdarahan pada feces dalam waktu 1-2 hari.



Rencana tindakan:
(1)    Kaji tanda-tanda vital (TD, N, S, RR) setiap 4 jam.
Rasional: Indikator dini terhadap resiko perdarahan hebat ditandai dengan tidak adanya peningkatan TD dan Nadi.
(2)    Monitor tanda-tanda hipovolemia.
Rasional: Deteksi dini untuk tindakan segera.
(3)    Periksa daerah rectal setiap 2 jam/setelah BAB.
Rasional: Deteksi dini perdarahan untuk pertolongan segera.
(4)    Beri air minum 2-3 liter/hari.
Rasional: Hidrasi yang adekuat membuat konsistensi feces lembek.
(5)    Berikan banyak makan sayur dan buah.
Rasional: Meningkatkan masa feces sehingga lebih mudah dikeluarkan.
(6)    Anjurkan untuk segera berespon bila ada rangsangan BAB.
Rasional: Untuk mencegah rangsangan hilang dan akan terjadi konstipasi.
(7)    Kolaborasi untuk pemberian laxantia dan analgetik.
Rasional: Pelunak feces dan mengurangi nyeri saat BAB.
c)    Cemas b.d. rencana pembedahan
Kriteria Hasil: pasien mengatakan kecemasan berkurang, pasien berpartisipasi aktif dalam perawatan.
Rencana tindakan:
(1)    Kaji tingkat kecemasan.
Rasional: Menentukan tingkat kecemasan untuk menentukan tindakan yang tepat.
(2)    Kaji tingkat pengetahuan pasien tentang pembedahan.
Rasional: Menentukan informasi yang akan diberikan.
(3)    Berikan kesempatan pasien untuk mengungkapkan perasaannya.
            Rasional: Mengurangi kecemasan.
(4)    Dampingi dan dengarkan pasien.
    Rasional: Meningkatkan rasa percaya dan rasa aman sehingga mengurangi cemas.
(5)    Libatkan keluarga atau pasien lain yang menderita penyakit yang sama untuk memberikan dukungan.
    Rasional: Sebagai support sistem dan mengurangi rasa malu.
(6)    Anjurkan pasien untuk mengungkapkan kecemasannya.
    Rasional: Untuk mengurangi cemas.
(7)    Kolaborasi dengan dokter untuk penjelasan prosedur operasi.
    Rasional: Pengetahuan yang cukup tentang prosedur operasi akan mengurangi cemas.
(8)    Kolaborasi untuk terapi anti cemas (bila perlu).
        Rasional: Mengurangi cemas.
d)    Kurang pengetahuan b.d. kurang informasi tentang operasi.
Kriteria Hasil: pasien mengatakan ketidaktahuan  mengenai tindakan operasi berkurang.
Rencana tindakan:
(1)    Kaji tingkat pengetahuan
    Rasional: Mengetahui tingkat pengetahuan tentang penyakit
(2)    Berikan pendidikan kesehatan tentang penyakit
    Rasional: Meningkatkan pengetahuan
(3)    Diskusikan program latihan yang sesuai ketentuan
    Rasional: menentukan program latihan yang sesuai
(4)    Bantu pasien untuk mengidentifikasi dan mulai merencanakan perubahan hidup yang perlu
    Rasional: Perubahan yang harus diprioritaskan secara realistik untuk menghindari rasa tidak menentu dan berdaya.
b.    Post Operasi
1)    Pengkajian
a)    Pola persepsi kesehatan dan pemeliharaan kesehatan adalah pengkajian mengenai keadaan lingkungan yang tenang (nyaman), pengkajian mengenai pengetahuan tentang perawatan pre operasi. Selain itu juga penting dilakukan pengkajian mengenai harapan klien setelah operasi.
b)    Pengkajian pola nutrisi metabolik setelah operasi adalah mengenai kepatuhan klien dalam menjalani diit setelah operasi.
c)    Pengkajian pola eliminasi setelah operasi adalah ada tidaknya perdarahan. Pengkajian mengenai pola BAB dan buang air kecil. Pemantauan klien saat mengejan setelah operasi, juga kebersihan setelah BAB dan buang air kecil.
d)    Pengkajian pola aktivitas dan latihan  yang penting adalah mengenai aktivitas klien yang dapat menimbulkan nyeri, pengkajian keadaan kelemahan yang dialami klien.
e)    Pengkajian pola tidur dan istirahat adalah mengenai gangguan tidur yang dialami klien akibat nyeri.
f)    Pengkajian pola persepsi kognitif adalah mengenai tindakan yang dilakukan klien bila timbul nyeri.
g)    Pengkajian pola persepsi dan konsep diri klien adalah kecemasan yang dialami klien setelah operasi.
2)    Diagnosa Keperawatan
a)    Nyeri b.d. adanya luka operasi
b)    Gangguan mobilitas fisik b.d. menurunnya kekuatan/ketahanan konstruktur nyeri.
c)    Resiko tinggi perdarahan b.d. hemoroidectomi
d)    Defisit perawatan diri  b.d. kelemahan, nyeri.
e)    Resiko tinggi infeksi b.d. adanya luka operasi di daerah anorektal.
f)    Resiko tinggi kekurangan volume cairan b.d. resiko tinggi perdarahan.


3)    Intervensi Keperawatan
a)    Nyeri b.d. adanya luka operasi.
Kriteria Hasil: klien mengatakan nyeri pada luka operasi berkurang dengan skala nyeri 0-1, wajah pasien tampak rileks.
Rencana tindakan:
(1)    Kaji skala nyeri
Rasional: Menentukan tingkat nyeri, untuk menentukan tindakan yang tepat.
(2)    Anjurkan teknik nafas dalam dan pengalihan perhatian.
Rasional: Untuk mengurangi rasa nyeri.
(3)    Berikan posisi supine.
Rasional: Mengurangi regangan pada daerah anorectal.
(4)    Observasi tanda-tanda vital.
Rasional: Identifikasi dini komplikasi nyeri.
(5)    Berikan bantalan flotasi di bawah bokong saat duduk.
Rasional: Menghindari penekanan pada daerah operasi.
(6)    Kolaborasi untuk rendaman duduk setelah tampon diangkat.
Rasional: Kehangatan meningkatkan sirkulasi dan membantu menghilangkan ketidaknyamanan.
(7)    Kolaborasi pelunak feces dan laksatif. Beri masukan oral setiap hari sedikitnya 2-3 liter cairan, makanan berserat.
Rasional: Feces yang keras menekan insisi operasi.
(8)    Kolaborasi untuk pemberian terapi analgetik.
Rasional: Mengurangi nyeri.
b)    Gangguan mobilitas fisik b.d. menurunnya kekuatan/ketahanan konstruktur nyeri.
Kriteria hasil: klien mampu melakukan pergerakan secara bertahap.
Rencana tindakan:
(1)    Tentukan kemampuan fungsional (skala 0-4) dan alasan ketidakseimbangan.
Rasional: mengidentifikasi kebutuhan atau tingkat intervensi yang dibutuhkan.
(2)    Catat respon emosional/ tingkah laku untuk mengubah kemampuan.
Rasional: perubahan fisik dan kehilangan kemandirian seringkali menciptakan perasaan marah, frustasi dan depresi yang dapat dimanifestasikan sebagai keengganan untuk ikut serta dalam aktivitas.
(3)    Berikan motivasi dan latihan pada klien dalam memenuhi kebutuhan ADL sesuai dengan kebutuhan.
Rasional: motivasi dapat meningkatkan perasaan klien untuk berusaha memenuhi kebutuhan ADL.
(4)    Anjurkan keluarga untuk membantu melatih dan beri motivasi.
Rasional: keluarga berperan penting dalam membantu melatih dan memberi motivasi klien.
c)    Resiko tinggi perdarahan b.d. hemoroidectomi.
Kriteria Hasil: Tidak terjadi perdarahan setelah perawatan 48 jam, balutan luka operasi tidak basah, tanda-tanda vital dalam batas normal.
Rencana tindakan:
(1)    Monitor tanda-tanda vital setiap 4 jam selama 24 jam pertama.
Rasional: Indikator dini perubahan volume darah.
(2)    Monitor tanda-tanda hipovolemik.
Rasional: Deteksi dini untuk tindakan segera.
(3)    Periksa daerah rectal atau balutan setiap dua jam selama 24 jam pertama.
Rasional: Deteksi dini perdarahan untuk pertolongan segera.
(4)    Berikan kompres dingin.
Rasional: Vasokonstriksi pembuluh darah.
(5)    Kolaborasi untuk pemeriksaan Hb dan Ht.
Rasional: Indikator lain perubahan volume darah.
(6)    Kolaborasi untuk pemberian terapi astrigen.
Rasional: Untuk menciutkan pembuluh darah.
d)    Defisit perawatan diri  berhubungan dengan kelemahan, nyeri.
Kriteria hasil: aktifitas perawatan diri dalam tingkat kemampuan sendiri.
Rencana tindakan :
(1)    Kaji tingkat kemampuan dan tingkat kekurangan untuk melakukan kegiatan sehari – hari.
    Rasional: Membantu dalam merencanakan pemenuhan kebutuhan secara individual.
(2)    Beri bantuan dalam pemenuhan kebutuhan ADL klien sesuai kebutuhan.
    Rasional :Untuk memandirikan pasien.
(3)    Libatkan keluarga dalam perawatan diri pasien.
    Rasional: Supaya klien merasa diperhatikan oleh keluarganya.
e)    Resiko tinggi infeksi b.d. adanya luka operasi di daerah anorektal.
Kriteria Hasil: luka sembuh dengan baik, tanda-tanda vital dalam batas normal.
Rencana tindakan:
(1)    Observasi tanda-tanda vital.
Rasional: Peningkatan nilai tanda-tanda vital merupakan indikator dini proses infeksi.
(2)    Berikan rendaman duduk setiap kali setelah BAB selama 1-2 minggu.
Rasional: Mematikan kuman penyebab infeksi.
(3)    Kaji daerah operasi terhadap pembengkakan dan pengeluaran pus.
Rasional: Merupakan tanda-tanda infeksi.
(4)    Ganti tampon setiap kali setelah BAB.
Rasional: Mencegah infeksi.
(5)    Kolaborasi untuk pemberian terapi antibiotika.
Rasional: Membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.
f)    Resiko tinggi kekurangan volume cairan b.d. resiko tinggi perdarahan.
Kriteria hasil: pasien tidak mengalami kekurangan volume cairan, TTV dalam batas normal.
Rencana tindakan:
(1)    Ukur dan catat pemasukan dan pengeluaran, tinjau ulang catatan intra operasi.
Rasional: dokumentasi yang akurat akan membantu dalam mengidentifikasi pengeluaran cairan/keutuhan pengantian dan pilihan-pilihan mempengaruhi intervensi.
(2)    Kaji pengeluaran urinarius terutama untuk tipe prosedur operasi yang dilakukan.
Rasional: mungkin akan terjadi penurunan (penghilangan setelah prosedur pada sistem genitourinarius dan atau struktur yang berdekatan.
(3)    Pantau tanda-tanda vital pasien.
Rasional: hipertensi, takikardi, penurunan pernafasan mengidentifikasi kekurangan cairan.
(4)    Periksa pembalut, alat drain pada interval reguler. Kaji luka untuk terjadinya pembengkakan.
Rasional: perdarahan yang berlebihan dapat mengacu pada hipovolemia/hemoragi. Pembengkakan lokal mungkin mengindikasikan formasi hematoma/perdarahan.

DAFTAR PUSTAKA


Alimul, H. A. A. 2007. Riset keperawatan dan Tekhnik Penulisan Ilmiah.  Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Ariyoni, D. 2011. Asuhan keperawatan hemoroid. Dikutip tanggal 15 Juni 2011 dari website http://desiariyoni.wordpress.com/2011/03/23/.

Basuki, Ngudi. 2007. Pengaruh teknik distraksi dan relaksasi terhadap penurunan tingkat nyeri pada pasien fraktur ekstremitas bawah. Dikutip tanggal 15 juni 2011 dari website http:/www.poltekes-soeproen.ac.id/?prm=artikel&yar=detail&id=27.

Carpenito, L. J. 2001. Buku saku diagnosa keperawatan. Edisi 8. Jakarta: EGC.

Chandrasoma, T. 2006. Ringkasan patologi anatomi. Edisi2. Jakarta: EGC.

Corwin, E. J. 2000. Buku saku patofisiologi. Jakarta: EGC.

Doenges, M. E. 2000. Rencana asuhan keperawatan: Pedoman untuk perencanaan dan pendokumentasian perawatan pasien. Jakarta: EGC.
Guyton, A. C. Hall, S. E. 1997. Fisiologi Kedokteran. Irawati Setiawan. Edisi 9. Jakarta: EGC.
Jong, W. D. Syamsuhidayat, R. 2000. Buku ajar ilmu bedah, Editor: R. Syamsuhidajat, W. D. Jong, Edisi revisi. Jakarta:EGC.
Mansjoer, A. 2000. Kapita selekta kedokteran. Edisi 3. Jakarta: Penerbit Media Aeskulapius.

Nanda. 2011. Pedoman diagnosa keperawatan, Alih Bahasa Budi Sentosa. Jakarta: Arima Medika.

NN. 2009. Askep hemoroid. Dikutip tanggal 15 Juni 2011 dari website http://be11nursingae.blogspot.com.

NN. 2011. Media informasi obat. Dikutip tanggal 15 Juni 2011 dari website http://medicastore.com.
separador

2 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih membantu sekali :)

Green World Jakarta Timur mengatakan...

Terima kasih, membantu sekali

Posting Komentar


Categories

Followers


win-fixed, tutorial,tips n trik,download